Pada era digital saat ini, pertumbuhan trend dalam dunia marketing berkembang setiap harinya, terlebih dalam aktivitas online atau digital marketing. Cara mendasar yakni dengan mengetahui trend 2023 untuk menyusun rencana bisnis dengan tepat sehingga sampai kepada target marketnya. Lalu bagaimana cara untuk mengetahui market trend 2023 sebagai pengaplikasian promosi bisnis oleh perusahaan? Simak penjelasan berikut.
1. Social Commerce
Social commerce adalah gabungan dari sosial media dan e-commerce. Dengan kata lain, Anda melakukan penjualan melalui media sosial. Contohnya ada pada akun Instagram yang menjual produk lewat postingan atau di Facebook Marketplace. Jumlah pengguna di setiap platform sosial media menunjukkan trend pertumbuhan dari tahun ke tahun. Inilah mengapa social commerce menjadi salah satu marketing trend yang patut untuk diperhitungkan di tahun 2023.
Baca juga: Social Media Usage and Business Dilemma – MESO
2. Content Marketing
Mayoritas pengguna internet mencari informasi dari sebuah blog atau artikel. Hampir setiap perusahaan pasti memiliki website untuk sarana publikasi resmi seputar info kegiatan dan promo yang sedang dijalankan atau berlangsung. Marketing trend seperti pemanfaatan website dan artikel masih sangat diperlukan di tahun 2023 untuk meningkatkan traffic pada search engine. Selain dari blog, jenis content marketing lainnya bisa berupa email, video marketing, dan podcasting.
3. Influencer Marketing
Pada tahun 2022, marketing trend dengan influencer memiliki impact besar semakin dikenalnya perusahaan oleh masyarakat. Influencer dapat meningkatkan engagement pada media dan tentunya sangat berpengaruh pada penjualan perusahaan. Dilansir dari HubSpot bahwa 89% pemasar yang saat ini terlibat dengan pemasaran influencer akan meningkatkan atau mempertahankan investasi mereka tahun depan.
4. Media Social
Trend market social media akan terus berlangsung di tahun 2023. Akan tetapi content yang dibuat harus mengikuti perkembangan saat ini. Media social pada tahun 2022 kemarin, erat kaitannya dengan popularitas media social TikTok. TikTok merupakan media social yang paling banyak didownload sepanjang tahun 2022. Meski penggunanya belum melebihi Instagram dan Facebook, TikTok mampu menarik perhatian pengguna internet terutama Milenial dan Gen-Z.
Media social seperti Instagram, Facebook, dan Twitter juga mampu memberikan impression dan engagement netizen untuk mendapatkan informasi dan memudahkan seseorang berkomunikasi dalam berbagai platform media social.
Butuh virtual office dan sewa office? Kunjungi website MESO Indonesia dan instagram ruangmeso atau hubungi 0812-1315-4189 via WhatsApp untuk info selengkapnya.