Polusi udara telah menjadi masalah serius di kota-kota besar di seluruh dunia, termasuk Jakarta, ibu kota Indonesia. Tingkat polusi udara yang tinggi dapat memiliki dampak serius terhadap kesehatan manusia dan lingkungan. Dilansir dari greenpeace.org, Indonesia menduduki peringkat pertama negara dengan polusi tertinggi se-Asia Tenggara berdasarkan laporan World Air Quality (IQAir) tahun 2022. Adapun dalam daftar negara paling berpolusi di seluruh dunia, Indonesia berada di posisi ke-26. Merujuk laporan tersebut, tingkat konsentrasi PM 2.5 harian Indonesia mencapai 30.4 µgram/m3 dan 36.2 µgram/m3 untuk Jakarta.

Faktor-faktor seperti peningkatan kendaraan bermotor, industri, dan deforestasi menyebabkan emisi gas beracun dan partikel-partikel berbahaya terlepas ke udara. Dampak buruk dari polusi udara yaitu meningkatnya risiko penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), ISPA merupakan istilah medis yang digunakan untuk menggambarkan berbagai jenis infeksi yang mempengaruhi bagian-bagian pernapasan seperti hidung, tenggorokan, bronkus, dan paru-paru. ISPA dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk virus, bakteri, atau polutan udara.

Di tengah permasalahan ini, solusi seperti Hybrid Working yaitu sistem yang mengombinasikan antara bekerja dari kantor atau Work From Office (WFO) dengan bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH) untuk para karyawannya. Solusi tersebut muncul sebagai alternatif yang potensial untuk mengurangi dampak buruk polusi dan meningkatkan produktivitas kerja.

Virtual Office: Mengurangi Ketergantungan pada Kantor Fisik

Penggunaan virtual office juga merupakan solusi yang menarik dalam upaya mengurangi dampak polusi. Dengan memanfaatkan teknologi komunikasi digital, karyawan dapat bekerja dari lokasi yang berbeda tanpa perlu hadir di kantor fisik setiap hari. Ini tidak hanya mengurangi perjalanan karyawan, tetapi juga mengurangi kebutuhan akan ruang kantor fisik yang memerlukan energi dan sumber daya. Virtual office juga mendukung fleksibilitas dan efisiensi, memungkinkan perusahaan untuk mengurangi biaya operasional (cost) dan lingkungan kerja yang lebih beragam.

Keuntungan Virtual Office

Berikut beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dengan menggunakan Virtual Office:

  • Menghemat biaya operasional perusahaan seperti lokasi dan ruang tempat usaha, biaya peralatan kantor, listrik, internet, serta gaji karyawan.
  • Bekerja Lebih fleksibel dan efisien
  • Meningkatkan reputasi perusahaan dengan alamat bisnis
  • Bisa dijadikan sebagai kantor pusat
  • Menghemat waktu karena tidak harus ke kantor fisik
  • Lokasi alamat kantor yang strategis

 

Apa Saja yang Didapat?

Di Jakarta, sebagai pusat bisnis dan keuangan utama Indonesia, ada banyak penyedia layanan virtual office yang menawarkan berbagai fasilitas. Salah satu pioneer virtual office terpercaya di Jakarta, yaitu MESO Indonesia, memiliki beberapa fasilitas atau layanan yang bisa didapat antara lain yaitu:

  • Alamat prestisius
  • Penerimaan dan pengiriman surat/paket
  • Resepsionis
  • Surat Domisili
  • Ruang Meeting
  • Nomor telepon khusus perusahaan
  • Call forwarding
  • dan lain sebagainya.

Untuk layanan dan informasi lebih lengkap dapat menghubungi call center MESO Indonesia di 021-2789-9919 dan via WhatsApp 0812-1315-4189.