Apa itu Virtual Office merupakan sebuah pertanyaan yang mungkin sering terlintas dipikiran para pengusaha. Pada umumnya layanan ini banyak diminati pengusaha baru karena penggunaannya mudah dan harganya yang ekonomis. Konsep usaha ini sebetulnya serupa dengan layanan kendaraan bersama atau ride sharing. Bedanya, bukannya kendaraan yang digunakkan bersama melainkan alamat kantor. Biasanya, alamat kantor yang disewakan ini terletak pada gedung kantor premium yang sudah termasuk dalam zona usaha.

Letak dalam zona usaha ini sangatlah penting karena sebuah usaha di Jakarta wajib untuk terdaftar dalam sebuah zona usaha. Sering terjadi kasus dimana pengusaha terpaksa melakukan perubahan akta karena usahanya didaftarkan di alamat domisili pribadi. Perubahan akta ini selain memakan biaya juga memakan waktu dan usaha. Untuk menghindari kerepotan ini ada baiknya pengusaha yang baru merintis usaha mendaftarkan usahanya pada zona yang sesuai.

Ditambah lagi, menggunakan layanan Virtual Office juga merupakan sebuah alternatif hemat alamat usaha. Harga yang hemat tersebut juga termasuk fasilitas lengkap kantor. Fasilitas-fasilitas ini dapat sangat mempermudah operasional keseharian kantor. Pengusaha tidak perlu khawatir dengan panggilan yang terlewat atau paket yang tidak diterima. Oleh karena itu, banyak pengusaha baru yang baru merintis pekerjaannya memilih untuk menggunakan layanan ini. 

 

Apa itu Virtual Office

Apa itu Virtual Office perlu di jawab terlebih dahulu untuk mengenal produk ini. Istilah virtual office ini terdiri dari dua kata, Virtual dan Office. Virtual dapat diartikan sebagai maya atau tidak ada bentuk fisik. Sementara itu Office adalah kantor. Maka dari itu, arti dari Virtual Office adalah sebuah kantor yang tidak memiliki bentuk fisik. Singkatnya, menyewa layanan Virtual Office adalah menyewa alamat tanpa kantor fisik.

Lantas, apa Virtual Office dapat bermanfaat bagi pengusaha? Untuk memanfaatkan virtual office, pengusaha harus jeli dalam memperhatikan fasilitas yang tersedia. Banyak dari penyedia layanan yang tidak menuliskan fasilitas dalam brosus secara jelas. Maka dari itu, sangat disarankan agar pengusaha mengunjungi lokasi dan bertanya sejelas mungkin sebelum membuat keputusan. Adapun dengan membuat kunjungan, pengusaha dapat menilai kualitas layanan yang diberikan. Layanan yang baik akan sangat membantu pengusaha dalam menjalankan operasional perusahaannya.

Ditambah lagi, walaupun menyewa virtual office hanya menyewa alamat tetapi ada juga fasilitas kantor yang dapat digunakkan. Salah satu fasilitas yang banyak diminati adalah fasilitas ruang rapat. Tergantung dari paket yang diambil, pengusaha bisa mendapatkan jatah ruang rapat dari 2 jam per bulan sampai 12 jam per bulan. Penyedia seperti MESO Serviced and Virtual Office juga menyediakan jasa fleksibel bagi pengusaha yang perlu menambahkan kuota ruang rapat.

Disamping ruang rapat, ada juga fasiltias seperti nomor telepon khusus, penerusan panggilan, pengiriman surat, dan pencatatan pesan. Fasilitas-fasilitas tersebut termasuk sebagai fasilitas tambahan yang hanya terdapat pada paket tertentu. Namun, umumnya layanan yang sudah pasti termasuk adalah domisili dan penanganan paket dan surat. Dari informasi sekian diharapkan definisi apa itu virutal office cukup jelas bagi pembaca.

 

Cara untuk Menggunakan Layanan

Untuk dapat memahami apa itu virtual office secara lebih jelasnya, akan lebih baik jika pengusaha mengetahui cara menggunakan layanan. Pertama, tentunya pengusaha harus dapat menentukan kebutuhan usaha. Jika ternyata operasional usaha memerlukan seluruh tim bekerja dalam satu lokasi, lebih baik memilih serviced office. Namun, jika tipe operasional usaha dapat dilakukan secara remote, maka virtual office merupakan pilihan yang tepat.

Pengusaha juga perlu mengetahui apakah usahanya memerlukan nomor telepon khusus kantor dan fasilitas ruang rapat. Seluruh perincian kebutuhan usaha ini perlu di cari tahu untuk dapat menentukan paket virtual office yang sesuai. Setelah mengidentifikasikan seluruh kerperluan usaha, tahap berikutnya adalah untuk mencari penyedia yang tepat. Kriteria yang baik untuk menentukan penyedia yang tepat dapat dibagi menjadi beberapa kateogori. Kategori tersebut meliputi lokasi, akes, fasiltias sekitar, serta fasilitas dari penyedia virtual office.

Salah satu penyedia yang sudah bepengalaman dan dipercaya klien dari dalam dan luar negeri adalah MESO Serviced and Virtual Office. Hal terakhir setelah menentukan penyedia layanan adalah untuk memilih paket Virtual Office. Seperti yang telah di disebutkan sebelumnya, sangat disarankan bagi pengusaha untuk melakukan kunjungan. Dengan mengunjungi tidak hanya pengusaha dapat bertanya-tanya langsung tetapi pengusaha juga dapat meninjau fasilitas. Jika sudah puas dan dengan hasil tinjauan, pengusaha hanya perlu membayar dan menandatangani kontrak sewa.

Untuk informasi lebih lanjut atau ingin menyewa layanan MESO Virtual Office, silahkan kunjungi www.meso.co.id atau hubungi 0812-1315-4189 (Whatsapp).