5 Tips bangun usaha di Jakarta ini dapat sangat bermanfaat dan menjadi pedoman bagi pengusaha Startup untuk membangun usahanya. Terlebih lagi bila pengusaha Startup tersebut baru akan terjun ke dunia usaha untuk pertama kalinya. Tentunya bagi pengusaha baru banyak persiapan yang harus dilakukan untuk mendirikan usaha. Selain dari persiapan membangun usaha, pengusaha juga perlu mempersiapkan mental. 

Persiapan mental adalah salah satu hal terpenting yang harus dipersiapkan oleh pengusaha. Dikarenakan dalam perjalanan membangun usaha tersebut tentunya ada perjalanan naik dan turun. Oleh karena itu, pengusaha Startup harus dapat menyiapkan diri apabila usahanya tidak berjalan sesuai dengan rencana. Dengan mental yang kuat, pengusaha dapat melewati masa sulit dan memperbaiki situasi usaha. 

5 Tips Bangun Usaha di Jakarta untuk Start-up

Untuk mendapatkan manfaat optimal dari berkantor di Jakarta, pengusaha Startup dapat mengikuti 5 tips bangun usaha berikut:

  • Mempersiapkan Rencana Usaha

Poin pertama pada 5 tips bangun usaha di Jakarta ini adalah untuk mempersiapkan rencana usaha. Pengusaha Startup perlu mempersiapkan perencanaan awal usaha sebelum memulai suatu usaha. Tujuan dari mempersiapkan rencana ini adalah untuk memastikan bahwa produk atau jasa yang disediakan, serta konsep usaha ini dapat berjalan dan dapat menghasilkan profit bagi pengusaha Startup. Tanpa adanya rencana usaha yang jelas, pengusaha akan mengalami berbagai kesulitan saat menjalankan usaha.

 

  • Menyewa Virtual Office atau Serviced Office

Dengan menyewa Virtual Office atau Serviced Office, pengusaha Startup mendapatkan opsi terbaik untuk memperoleh domisili usaha. Seperti yang telah dibahas di artikel-artikel yang lalu, domisili usaha ini sangatlah penting untuk memenuhi prasyarat untuk mendirikan sebuah usaha. Selain itu, dengan adanya alamat kantor yang jelas, maka pengusaha dapat memperoleh beberapa dokumentasi legalitas yang diterbitkan pemerintah.

Kedua opsi tersebut juga akan sangat membantu pengusaha dengan mengurangi jumlah modal yang harus dikeluarkan. Walaupun biaya rental jauh lebih rendah, kedua layanan tersebut sudah termasuk biaya fasilitas kantor yang lengkap. Fasilitas-fasilitas kantor ini disediakan dengan tujuan untuk mendukung kegiatan berkantor sehari-hari. Untuk informasi penyewaan layanan Virtual Office dan Serviced Office, silahkan kunjungi www.meso.co.id

 

  • Berkonsultasi dengan Ahli Berpengalaman

Pengusaha Startup juga dapat mendapatkan banyak manfaat dengan berkonsultasi kepada ahli yang sudah berpengalaman. Contohnya, ketika akan memulai suatu usaha maka ada baiknya pengusaha berkonsultasi dengan pengusaha senior. Dengan mendapatkan nasihat seputar berusaha, maka pengusaha Startup dapat mencegah dan mengatasi masalah yang dapat terjadi di masa depan. Selain itu, untuk mendirikan sebuah usaha, pengusaha Startup juga dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan tim legal yang profesional. 

Tim legal yang profesional dan berpengalaman dapat membantu memberikan arahan bagi pengusaha untuk mendirikan usaha. Apabila pengusaha Startup ingin mencari konsultan legal yang terpercaya untuk membantu pendirian perusahaan, pengusaha dapat berkunjung ke MESO Serviced and Virtual Office. Tim legal MESO sudah berpengalaman menangani ratusan klien baik dalam bentuk perorangan atau perusahaan lokal dan luar negeri.

 

  • Mendapatkan Legalitas dan Izin Usaha

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, setelah pengusaha Startup berkonsultasi dengan tim legal yang terpercaya, tahap berikutnya adalah untuk mendapatkan legalitas dan izin usaha. Untuk mendapatkan legalitas usaha di Indonesia, pengusaha perlu menggunakan jasa notaris yang terpercaya. Lalu, pengusaha juga perlu mempersiapkan dokumen-dokumen untuk memenuhi syarat pembentukan usaha. Daftar dokumen-dokumen ini dapat didapatkan dari tim legal.

Setelah legalitas perusahaan sudah siap, maka tahap berikutnya adalah untuk mendaftarkan izin usaha. Izin usaha ini harus disesuaikan dengan bidang usaha yang diminati oleh pengusaha. Tentunya izin usaha baru bisa didapatkan ketika pengusaha Startup sudah memiliki badan usaha. 

 

  • Menyimak 5 Tips Bangun Usaha Ini

Poin terakhir pada 5 Tips Bangun Usaha ini tidak kalah penting dengan poin lainnya. Dengan mempelajari dan mengikuti 4 poin diatasnya, maka pengusaha Startup dapat merencanakan usahanya dengan lebih mantap. Walaupun poin-poin ini mungkin belum mencakup seluruh pedoman untuk membangun sebuah usaha secara detail, namun secara garis besar pedoman ini sudah dapat membantu memberikan gambaran dan arahan bagi pengusaha Startup. Pengusaha Startup perlu untuk memiliki perencanaan yang jelas, menggunakan fasilitas kantor yang efisien seperti Virtual Office atau Serviced Office untuk meningkatkan efektifitas usaha, berkonsultasi dengan profesional yang berpengalaman untuk menghindari potensi masalah, dan membangun legalitas usaha dan izin-izin perusahaan yang tepat.

Untuk membangun usaha dengan mudah dan mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai virtual office dan serviced office, pastikan untuk kunjungi MESO Serviced and Virtual Office di www.meso.co.id atau hubungi 0812 1315 4189 (Whatsapp).